Permainan ini merupakan permainan yang dapat
dilakukan oleh dua orang secara bersamaan, satu lawan satu. Setiap pemain
(Pemain 1 dan Pemain 2) dapat mengendalikan tongkat yang digunakan untuk
memukul bola, score pemain bertambah apabila dapat menempatkan bola sehingga
lawan tidak dapat menjangkaunya. Pemain
dengan score tertinggi menang.
Langkah 1. Membuat Latar Belakang, Papan Score,
Bola dan Tongkat.
Membuat Latar Belakang.
1.
Buka Software Scratch.
2.
Pilih “Stage”.
3.
Plih “Background”.
4.
Klik kanan pada “sprite 1” dan klik
“delete” untuk menghilangkan sprite 1 (kucing).
5.
Gunakan “paint bucket” untuk mewarnai.
6.
Pilih warna hitam dan klik pada latar
belakang.
7. Gunakan “line tool” untuk membuat garis putih di
tengah latar.
8. Gunakan “rectangle tool” untuk membuat wilayah
“score” dengan dua warna yang kontras pada dua sisi yang saling berlawanan
(contoh digunakan warna merah dan biru).
9. Pemukul
dibuat pada “sprite” yang baru. Dengan
klik pada “Paint new sprite”, dan gambar pemukul dengan memilih “Rectangle”.
Kemudian gambar pemukul.
10. Setelah
menggambar pemukul, klik kanan pada “sprite” pilih “duplicate” untuk membuat pemukul yang digunakan pemain ke 2.
11. Berikutnya
membuat bola. Gambar bola dibuat pada “sprite” baru dengan klik “Choose sprite from library”. Kemudian
memilih benda yang menurut Anda sesuai.
12. Gambar yang dihasilkan dapat diperbesar atau
perkecil sesuai kebutuhan dengan menggunakan fitur “shrink”. Klikkemudian arahkan ke
“sprite” yang akan diperkecil dan klik untuk memperkecil “sprite”. Klikkemudian arahkan ke
“sprite” yang akan diperbesar dan klik untuk memperbesar.
-- Lanjut ke Part 2 --