Langkah 2. Membuat program untuk pemukul.
Pada langkah ini kita akan membuat kendali/ kontrol
pada pemukul, pemukul pertama dikendalikan oleh pemain pertaman dan pemukul
kedua dikendalikan oleh pemain kedua. Kendali dari pemukul berupa gerakan
keatas-bawah.
1. Pilih pemukul yang pertama (sprite 1). Sprite 1
nantinya akan dikendalikan oleh pemain pertama.
2. Buat script yang memberikan perintah pada
pemukul untuk bergerak ke atas apabila ditekan huruf w.
3. Pembuatan script yang memerintahkan
pemukul untuk bergerak ke bawah apabila ditekan huruf a, dapat dibuat dengan
memodifikasi perintah sebelumnya. Pada
script klik kanan dan pilih “duplicate”, kemudian ganti huruf w dengan huruf a.
4. Script pada pemukul kedua (sprite 2) dapat
dilakukan dengan cara yang hamper serupa, script pada sprite 1 di-drag dan
letakkan pada script ke 2. Hal tersebut juga akan membuat duplikasi script
tetapi dilakukan pada sprite yang berbeda.
5. Kemudian ubah dari w menjadi up arrow, untuk
gerakan ke atas. Dan down arrow untuk gerakan ke bawah.
Langkah 3. Membuat
program untuk bola
Pada permainan ini,
kita akan memprogram bola agar memantul ketika menyentuh tepi. Selain itu,
untuk menambah kesulitan dari permainan ini jalur pantulan bola dapat dibuat
secara acak.
1. Pilih sprite Baseball.
2. Script tersebut memastikan bahwa pada setiap
kali permainan dimulai, posisi bola berada di koordinat x=0 dan y=0.
Selanjutnya, setelah bola pada posisi tersebut memastikan jalur bola secara
acak diantara 45 sampai 135 (derajat).
3. Script tersebut memastikan agar bola bergerak
secepat 5 langkah dan pada saat mencapai tepi, bola tersebut akan memantul.
--Lanjut ke Part 3--