Langkah 2. Pengenalan Permainan
Ada baiknya kita membuat alur dari
permainan yang akan dibuat sebelum membuat programnya. Permainan dimulai dengan
penenalan tokoh, tujuan dan cara bermain. Tokoh Cody akan memperkenalkan diri,
kemudian akan memberitahu tujuan permainan. Pada saat yang sama kita akan
menyembunyikan dahulu karakter Pesawat dan Meteor.
1. Kegiatan
pertama akan diperkenalkan tokoh, tujuan dan cara bermain. Klik pada sprite
Cody.
2. Kemudian buat script
disamping. Script tersebut memastikan agar tokoh Cody mengatakan “Hello!”
kemudian (setelah 2 detik) akan berkata “help me to reach my planet”
selanjutnya berselang 3 detik Cody akan menghilang (catatan: latar belakang masih “Neon Tunnel”).
3. Klik pada Sprite 1 (Planet), kemudian buat script disamping. Script
tersebut memastikan agar terdapat petunjuk bahwa planet tersebut adalah Planet
Cody.
4. Memastikan bahwa objek yang tidak diperlukan tidak tampil, atau
menyebunyikan objek (pesawat dan meteor). Script “hide” memastikan bahwa objek
yang diinginkan tersebunyi.
5. Selanjutnya, buatlah script seperti disamping. Script tersebut
memastikan bahwa setelah permainan dimulai pada detik ke-7 maka pesawat akan
muncul dan berada di pojok kiri bawah atau pada koordinat x= -215 dan y= -151.
6. Kemudian akan muncul cara bermain atau cara menggerakan pesawat.
Langkah
3. Memulai Permainan.
Permainan akan
dimulai dengan perubahan latar belakang untuk menunjukkan perubahan jalan
cerita. Latar belakang pertama adalah “Neon Tunnel”, latar ini digunakan pada
saat awal permainan. Sedangkan Latar belakang berikutnya, “Stars”, akan tampil
pada saat pesawat akan menuju planet dan meteor akan mulai bermunculan.
Sedangkan latar belakang “Space” akan ditampilkan pada saat pesawat telah
sampai tujuannya (planet).
1. Setelah
pengenalan permainan, maka dilanjutkan dengan perubahan latar belakang dari
“Neon Tunnel” ke “Stars”. Klik pada “Backdrops”.
2. Selanjutnya, buat script seperti disamping. Script tersebut memastikan
bahwa latar belakang akan berubah dari “Neon Tunnel” ke “Stars” dalam waktu 8
detik setelah permainan dimulai (bendera di klik).
3. Kemudian, kita akan membuat script untuk mengendalikan pergerakan kapal.
Script tersebut memastikan bahwa jika tombol bawah ditekan maka kapal tersebut akan bergerak kebawah. Hal yang serupa akan terjadi bila ditekan tombol arah yang lain.
4. Selanjutnya setelah kita memastikan bahwa pesawat dapat dikendalikan
maka selanjutnya akan dibuat beberapa aturan. Aturan pertama adalah pesawat
harus menghindari meteor, apabila pesawat tersebut mengenai meteor maka program
akan mengeluarkan bunyi.
5. Aturan berikutnya adalah pesawat dikendalikan menuju untuk mengakhiri
permainan. Script berikutnya memastikan bahwa apabila pesawat telah menyentuh
planet maka akan keluar tulisan “welcome home” dan permainan berakhir (dengan
script “stop all”).
6. Selanjutnya kita akan membuat meteor dalam jumlah yang sangat banyak
(tak terhingga) dan bergerak secara acak.
Tuliskan script berikut untuk melakukan hal tersebut.
7. Meteor dapat dibuat sangat banyak dengan menggunakan script “create
clone of meteor”. Selanjutnya hasil “clone” dapat dimodifikasi menggunakan
script “when I star as a clone”.
8. Mengganti latar belakang, setelah
pesawat tiba di planet maka tujuan permainan tercapai dan permainan akan
selesai. Tetapi ada baiknya dibuat perubahan, seolah-oleh menampilkan keadaan
di planet tersebut. Urutan yang terjadi adalah pada saat pesawat tiba di planet
tersebut maka dikirimkan “pesan” untuk menampilkan/mengganti latar belakang.
Penyampaian pesan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan fitur
“broadcast”, misalnya dalam hal ini “broadcast message 1” dan sisipkan pada kondisi pesawat sampai di
planet.
9. Setelah menyampaikan pesan, pasti ada yang menerima
pesan tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan fitur “when I received
…”. Klik pada Stage backdrops dan tambahkan script disamping.
Langkah
4. Pengembangan Program.
Pada permainan yang
telah dibuat terdapat beberapa hal yang bisa ditambahkan agar permainan lebih
menarik, misal: waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permainan, berapa
kali pesawat terkena meteor dan tombol restart untuk mengulang permainan.
1. Pengembangan
pertama, memunculkan waktu bermain. Waktu dapat dibuat dengan menambahkan
variabel pada program tersebut klik “Data” kemudian “Make a Variable” pada
kolom “Variable name” misal dituliskan “time” dan tandai pada “For all sprites”
dan “OK”.
Catatan: “For all
sprites” digunakan apabila variabel yang akan dibuat mempengaruhi permainan
secara keseluruhan.
2. Selanjutnya buat script disamping
untuk memastikan bahwa waktu berjalan pada saat permainan dimulai.
3. Pengembangan berikutnya adalah menghitung berapa kali pesawat tertabrak
(collision) oleh meteor. Pastikan klik dahulu pada pesawat. Collision dapat
dibuat dengan menambahkan variabel pada program tersebut klik “Data” kemudian
“Make a Variable” pada kolom “Variable name” misal dituliskan “collision” dan
tandai pada “For this sprites only” dan “OK”.
4. Kemudian sisipkan script “set collision to 0” pada script yang telah
dibuat.
Selamat Bermain....