Saturday, September 23

Help Cody with Scratch (Part 1)

Pada permainan ini, kita akan membantu Cody (karakter pada permainan ini) menuju planetnya. Saat menuju planetnya, kita akan melihat berapa banyak pesawat luar angkasanya di tabrak oleh meteor? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai di planetnya? Dan apa yang terjadi jika Cody telah tiba di planetnya?


Langkah 1. Membuat Latar Belakang, Cody, Pesawat, Meteor dan Planet.

1. Pada permainan ini kita akan menggunakan 3 latar belakang yang berbeda untuk situasi yang berbeda. Pada bagian “New Backdrop” klik pada “Choose Backdrop from Library”.


2. Pilih “Theme Space” kemudian klik pada “Neon Tunnel” lalu kill “OK”.


3. “Delete” latar belakang yang pertama (putih).


4. Selanjutnya, kita dapat menambahkan latar belakang lainnya dengan memilih “Choose Backdrop from Library”.


5. Kemudian pilih 2 latar belakang lainnya yang menurut Anda sesuai (dalam contoh ini kita akan memilih stars dan space).

 

6. Selanjutnya kita akan membuat tokoh. Misal, gambar dari tokoh tersebut akan diambil dari gambar diluar “library” . Klik pada “Upload sprite from file”  kemudian pilih gambar yang akan digunakan. 




7. Kemudian lakukan hal yang sama untuk pesawat luar angkasa. Gambar-gambar  tersebut akan muncul sebagai sprite.


8. Berikutnya, kita akan membuat Meteor (sederhana) serta Planet yang dituju oleh Cody dengan menggunakan “Paint New Sprite”. 
 
Planet dan Meteor dapat dibuat dengan sederhana menggunakan “Elips”, jika planet dibuat lebih bulat maka Meteor dibuat lebih pipih dan hapus bagian belakangnya.






9. Kemudian kita dapat meletakkan Planet dan Meteor pada pojok kanan atas dan pesawat di kiri bawah.


-- lanjut ke part 2 --