Thursday, September 7

Pong with Scratch (part 1)

Permainan ini merupakan permainan yang dapat dilakukan oleh dua orang secara bersamaan, satu lawan satu. Setiap pemain (Pemain 1 dan Pemain 2) dapat mengendalikan tongkat yang digunakan untuk memukul bola, score pemain bertambah apabila dapat menempatkan bola sehingga lawan tidak dapat menjangkaunya.  Pemain dengan score tertinggi menang.


Langkah 1. Membuat Latar Belakang, Papan Score, Bola dan Tongkat.

Membuat Latar Belakang.
1.      Buka Software Scratch.
2.      Pilih “Stage”.
3.      Plih “Background”.

4.    Klik kanan pada “sprite 1” dan klik “delete” untuk menghilangkan sprite 1 (kucing).
5.    Gunakan “paint bucket” untuk mewarnai.
6.    Pilih warna hitam dan klik pada latar belakang.
7. Gunakan “line tool” untuk membuat garis putih di tengah latar.
8. Gunakan “rectangle tool” untuk membuat wilayah “score” dengan dua warna yang kontras pada dua sisi yang saling berlawanan (contoh digunakan warna merah dan biru).
9.  Pemukul dibuat pada “sprite” yang baru.  Dengan klik pada “Paint new sprite”, dan gambar pemukul dengan memilih “Rectangle”. Kemudian gambar pemukul.

10. Setelah menggambar pemukul, klik kanan pada “sprite” pilih “duplicate” untuk membuat pemukul yang digunakan pemain ke 2.

11. Berikutnya membuat bola. Gambar bola dibuat pada “sprite” baru  dengan klik “Choose sprite from library”. Kemudian memilih benda yang menurut Anda sesuai.





12. Gambar yang dihasilkan dapat diperbesar atau perkecil sesuai kebutuhan dengan menggunakan   fitur “shrink”. Klikkemudian arahkan ke “sprite” yang akan diperkecil dan klik untuk memperkecil “sprite”. Klikkemudian arahkan ke “sprite” yang akan diperbesar dan klik untuk memperbesar.


-- Lanjut ke Part 2 --