Friday, September 8

Pong with Scratch (part 2)

Langkah 2. Membuat program untuk pemukul.


Pada langkah ini kita akan membuat kendali/ kontrol pada pemukul, pemukul pertama dikendalikan oleh pemain pertaman dan pemukul kedua dikendalikan oleh pemain kedua. Kendali dari pemukul berupa gerakan keatas-bawah.

1. Pilih pemukul yang pertama (sprite 1). Sprite 1 nantinya akan dikendalikan oleh pemain pertama.


2. Buat script yang memberikan perintah pada pemukul untuk bergerak ke atas apabila ditekan huruf w.

3. Pembuatan script yang memerintahkan pemukul untuk bergerak ke bawah apabila ditekan huruf a, dapat dibuat dengan memodifikasi perintah sebelumnya. Pada script klik kanan dan pilih “duplicate”, kemudian ganti huruf w dengan huruf a.


4. Script pada pemukul kedua (sprite 2) dapat dilakukan dengan cara yang hamper serupa, script pada sprite 1 di-drag dan letakkan pada script ke 2. Hal tersebut juga akan membuat duplikasi script tetapi dilakukan pada sprite yang berbeda.



5. Kemudian ubah dari w menjadi up arrow, untuk gerakan ke atas. Dan down arrow untuk gerakan ke bawah.



Langkah 3. Membuat program untuk bola

Pada permainan ini, kita akan memprogram bola agar memantul ketika menyentuh tepi. Selain itu, untuk menambah kesulitan dari permainan ini jalur pantulan bola dapat dibuat secara acak.

1. Pilih sprite Baseball.


2. Script tersebut memastikan bahwa pada setiap kali permainan dimulai, posisi bola berada di koordinat x=0 dan y=0. Selanjutnya, setelah bola pada posisi tersebut memastikan jalur bola secara acak diantara 45 sampai 135 (derajat).


3. Script tersebut memastikan agar bola bergerak secepat 5 langkah dan pada saat mencapai tepi, bola tersebut akan memantul.


--Lanjut ke Part 3--