Friday, September 8

Pong with Scratch (part 3)-- END

Langkah 4. Membuat program untuk permainan

Pada langkah ini kita memastikan agar pada saat bola menyentuh pemukul maka bola tersebut akan memantul dan permainan dapat dilakukan.

1. Pilih sprite Baseball.


2. Pada script yang telah ada sebelumnya, akan ditambahkan fungsi lainnya seperti memastikan  bahwa bola akan memantul juga apabila mengenai pemukul.


3. Script tersebut memastikan bahwa pada saat bola menyentuh sprite 1 dan sprite 2 maka bola akan memantul dengan arah yang berlawanan dengan arah datangnya bola. 


Kemudian sisipkan script tersebut pada script yang telah dibuat sebelumnya.



Langkah 5. Membuat program untuk score


Pada langkah ini kita memastikan bahwa sistem score berjalan dengan baik, sehingga permainan berjalan dengan baik pula.

1. Sistem score dibuat dengan menggunakan variabel yakni: variabel pemain 1 dan pemain 2. Dengan klik “Make a Variable” maka akan muncul kolom “New Variable”, isi “Variable name” dengan Pemain 1 klik “OK”. Kemudian dengan cara yang sama, buat variabel untuk Pemain 2.






2. Hasil akhirnya di bawah kolom “Make a Variable” akan muncul variabel yang dibuat, yakni: Pemain 1 dan Pemain 2.

3. Selanjutnya buat script seperti dibawah. 


Script tersebut memastikan bahwa apabila bola menyentuh warna tertentu maka score akan berubah. Agar penentuan warna sesuai dan script berjalan seperti yang diharapkan maka pada saat pemilihan warna klik pada warna yang ada di tepi

Ingat: Apabila bola menyentuh warna merah maka lawan (Pemain 1) akan mendapat tambahan score, dan sebaliknya.

4. Kemudian sisipkan script tersebut pada script untuk sprite “Baseball” yang telah ada sebelumnya.



Langkah 6. Pengembangan Program.

Pada permainan yang telah dibuat masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, misal: sistem “score” tidak kembali dari 0-0 apabila pemainan dimulai dari awal atau bola tidak kembali ke tengah setelah salah satu pemain bertambah angkanya serta beberapa perbaikan lainnya agar permainan semakin menarik. 

1. Perbaikan pertama, setiap pemainan dimulai score menunjukkan Pemain 1 :0 dan Pemain 2: 0.  Klik pada Data dan pastikan bahwa set Pemain 1 to 0 dan set Pemain 2 to 0.


2. Kemudian sisipkan script tersebut pada script yang telah ada.


3. Perbaikan berikutnya, kedua, adalah mengembalikan posisi bola ke tengah ((x,y) = (0,0)) setiap salah satu pemain mendapatkan angka. Kemudian sisipkan script tersebut pada script yang telah ada.


4. Perbaikan berikutnya, ketiga, adalah perbaikan sistem score. Pada permainan yang telah dibuat, ternyata masih terdapat sedikit masalah, yakni kadang pada saat bola menyentuh bagian merah (atau biru) permainan mulai terlalu cepat sehingga ada baiknya diberikan sedikit jeda dengan script “wait 1 secs”. Kemudian sisipkan script tersebut pada script yang telah ada.


Selamat Bermain....